LCSC 14 pembelajaran Trigonometri dengan motivasi siswa di dalam kelas menggunakan Calculator

LCSC CASIO 14
METROMATIKA

Gairah belajar merupakan keniscayaan bagi guru dalam membangun suasana kelas. Tanpa kegembiraan di kelas, pembelajaran jauh dari membangkitkan pemahaman konsep, konon lagi jika pembelajaran harus bermakna. Karena itu di awal pembelajaran, guru dituntut membangun frekuensi yang sama dengan siswa, harmonisasi itu tercipta melalui kegiatan apersepsi dan motivasi. Buku-buku teks pembelajaran Matematika juga menyisipkan bagian motivasi yang mengaitkan konten pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga Matematika bukanlah pembelajaran abstrak yang mengawang di langit.

Trigonometri cenderung tidak disenangi oleh banyak siswa. Pembelajaran yang mengharuskan menghafal banyak rumus, semakin menjadikan materi ini dipandang sulit. Terlebih jika guru mengajar dengan seadanya, tanpa aktivitas yang membangkit kegairahan siswa dalam belajar Trigonometri, materi ini menjadi momok yang membosankan plus menakutkan.

Padahal Trigonometri merupakan ratunya materi Matematika. Bukan saja sangat berarti dalam kehidupan sehari-hari, mudah dicarikan contoh secara kontekstual. Namun materi Trigonometri terkait dengan banyak bidang studi lain di Sains dan terkait dengan materi Matematika lainnya. Mempelajari Trigonometri menjadi kewajiban dalam Matematika. Bahkan dalam struktur Matematika Peminatan kelas XI, Trigonometri secara khusus diajarkan satu semester penuh. Begitu urgennya materi ini.

Wajar pula LCSC Casio kembali menampilkan pembahasan Trigonometri berbantuan Classwiz. Pemateri kali ini yaitu Ibu Yatini dari SMA Nurul Amal Palembang Sumatera Selatan akan mengaitkan pembelajaran Trigonometri dengan motivasi siswa di dalam kelas menggunakan Calculator.  Weww, ternyata Classwiz bukan hanya ketuk tombol keluar angka, eksplorasinya dalam bidang Trigonometri bisa membahagiakan siswa. Pemandu kegiatan LCSC kali ini guru dari SMP Mataram Semarang Jawa Tengah, Bapak Andae Meirawan yang juga merupakan alumni Virtual Coordinator Indonesia.

Kami mengundang pemirsa baik guru Matematika maupun peminat Matematika untuk berdiskusi ringan bersama kami, sambil menyeruput wedang dan kudapan ringan. Silahkan akses LCSC 14 pada Selasa Malam tanggal 29 Oktober 2019 melalui,

Website : www.webex.com
Nomor Room : 586 936 231
Password : 12345

LCSC 14, Tayangan Matematika Penuh Makna

Jakarta, 26 Oktober 2019

Panitia LCSC Casio


LCSC #14

Penggunaan ClassWiz pada Materi Trigonometri untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa
materi Bisa di unduh pada kolom deskripsi

Gairah belajar merupakan keniscayaan bagi guru dalam membangun suasana kelas. Tanpa kegembiraan di kelas, pembelajaran jauh dari membangkitkan pemahaman konsep, konon lagi jika pembelajaran harus bermakna. Karena itu di awal pembelajaran, guru dituntut membangun frekuensi yang sama dengan siswa, harmonisasi itu tercipta melalui kegiatan apersepsi dan motivasi. Buku-buku teks pembelajaran Matematika juga menyisipkan bagian motivasi yang mengaitkan konten pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga Matematika bukanlah pembelajaran abstrak yang mengawang di langit.

https://youtu.be/3UZx_eAjNBk

monggo

Komentar