LCSC 19 CASIO - MATEMATIKA LEVEL TINGGI (HOTS in mathematics Learning)

LCSC 19 CASIO - MATEMATIKA LEVEL TINGGI

Menstimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa bukan saja menjadi tren saat ini di Indonesia namun juga sudah menjadi kebutuhan. Meski di luar sana pembelajaran yang berpola pada pembentukan higher order thinking skills sudah lama ada dalam kelas. Pendidikan di Indonesia persis seperti disampaikan Bapak Menteri Nadiem Makarim, lebih pada menghafal, mengerjakan tugas, menghitung. Hampir tanpa makna karena tidak mampu menstimulasi siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan mampu mengambil keputusan.
Hasil UN yang mencemaskan pada bidang studi Matematika ditengarai oleh pejabat Kemendikbud akibat ada asupan soal HOTS. Tentu saja ini menjadi bukti bahwa kemampuan literasi siswa kita, menalar dan mengevaluasi konon lagi berkreasi sangat minim. Siswa kita bisa saja menjawab soal hitungan,  namun terhenti ketika diminta menganalisis pada soal nalar dan analitis.

Kemampuan HOTS memberi bekal kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari, terkait tantangan global yang dihadapi siswa, baik di bidang teknologi, industri perdangangan, lingkungan dan lain sebagainya. Maka wajar pelatihan guru tentang HOTS sangat marak. Tidaklah mungkin siswa cakap menjawab soal HOTS jika tidak dimulai dari proses pembelajaran di kelas. Tidaklah mungkin siswa cakap berpikir kreatif jika guru tidak memiliki pemahaman bagaimana HOTS seungguhnya

Tayangan LCSC 18 Casio akan broadcast langsung dari Aceh untuk Indonesia, meski pembicaranya Ibu Russasmita Sri Padmi, M.Sc kelahiran Bali yang menatap di Yogyakarta yang bekerja sebagai Academic Spesialist SEAQIM. Namun pada Jadwal LCSC 18 (Selasa, 03 Desember 2019), Bu Tata sedang menjadi Narasumber di kegiatan MGMP Matematika Aceh Timur yang salah satu pesertanya Bapak Khairuddin sekaligus pemandu LCSC nanti sebagai host. 

Bu Tata akan mengajak kita mengeksplorasi aktivitas HOTS di kelas, kesalahan menganilisis HOTS serta memulai HOTS dari LOTS sebagai proses pembelajaran. Lalu membangun kecakapan siswa menjawab soal HOTS serta dikaitkan dengan penggunaan Kalkulator Saintifik sebagai alat bantu pembelajaran. 

Tayangan LCSC hadir mulai pukul 19.15 WIB. Siapkan paket data internet, lalu klik www.webex.com || Room Number  575 423 448 || password 12345 

Kami tunggu kehadiran guru hebat Indonesia melalui diskusi ringan video conference.

LCSC : Tayangan Matematika Penuh Makna

Panitia LCSC Casio





LCSC Casio #19 (MATEMATIKA LEVEL TINGGI HOTS)
materi akan kami sertakan di deskripsi video youtube



monggo

Komentar