LCSC 23 Pengunaan kalkulator saintifik dalam menyelesaikan soal kontekstual topik SPLTV


LCSC CASIO 23
ASAH LITERASI MATEMATIKA

Sistem persamaan linier memegang peran penting dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari secara matematis. Sistem persamaan linier memberi dasar analisis penyelesaian persoalan dalam aspek kontekstual seperti bidang ekonomi, teknologi, pertanian, perindustrian, kimia, fisika dan lain sebagainya. Sementara pada cakupan evaluasi dan pengambilan keputusan Matematika, sistem persamaan linier menjadi dasar bagi materi program linier serta statistika.

Tentu kita tidak asing dengan sistem persamaan linier yang sudah dikenalkan sejak di SMP. Penyelesaian SPL selalu menarik minat baca jika yang diangkat persoalan kontekstual, artinya materi SPL memberi kecakapan bagi siswa dalam literasi Matematika sehingga siswa mampu memodelkan sistem matematis. Tak heran jika SPL menjadi materi uji dalam soal-soal PISA yang salahsatu aspeknya mengukur literasi siswa.

Calculator Classwiz membantu siswa menyelesaikan SPL, jika di SMP masih pada tahap dua variabel, di SMA sudah tiga variabel, maka Classwiz menyediakan eksplorasi sampai 4 variabel. Aktivitas pembelajaran Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) memberi tantangan khusus bagi siswa. Soal-soal yang diwarnai dengan kasus kehidupan sehari-hari sangat menarik diinvestigasi melalui aktivitas kelas dengan eksplorasi pada beberapa fungsi menu di kalkulator Classwiz.

LCSC Edisi 23 menghadirkan Bapak Darum Budiarto penerima Beasiswa Program Honeywell Educators at Space Academy (HESA) ke U.S. Space & Rocket Center di Alabama Amerika Serikat, guru Matematika dari SMAN 4 Bojonegoro Jawa Timur yang juga pernah mengenyam pengetahuan di SEAMEO RECSAM Malaysia. Pak Darum akan memaparkan eksplorasi Classwiz pada materi SPLTV. Diskusi LSCS 23 akan dipandu oleh host Bapak Rosiman, guru Matematika dengan tugas manajerial sebagai Kepala SMP Negeri 1 Wanadadi Jawa Tengah.

Diskusi ini tentu sangat bermanfaat, mari akses kami melalui jaringan video conference, klik www.webex.com || room number : 576 847 968 || password : 12345 || mulai pukul 19.15 WIB pada Selasa tanggal 21 Januari 2020.

LCSC Casio ; Tayangan Matematika Penuh Makna

Jakarta, 17 Januari 2020

Panitia LCSC Casio

ASAH LITERASI MATEMATIKA pada SPLTV
materi bisa di unduh pada kolom deskripsi

https://youtu.be/j5JNgSnD2W8

Komentar