LCSC CASIO 24 ILMU BARIS KOLOM

LCSC CASIO 24
ILMU BARIS KOLOM

Arthur Cayley (1821) pasti tidak menyangka keilmuan yang dikembangkannya disebut Matriks berkembang pesat dan sangat berguna hingga sekarang. Bahkan bisa abadi. Cayley menggali pengetahuan tentang tatanan penyelesaian baris dan kolom melalui literatur China Kuno dalam menyelesaikan sistem persamaan linier "Jianzhang Suah Shu". Cayley mengembangkan keilmuan yang disebut matriks ini menjadi permainan aljabar yang kemudian banyak digunakan baik di kampus tempat dia mengajar maupun ahli matematika lainnya.

30 tahun setelah wafatnya Cayley, matriks berkembang pesat menyelesaikan sistem persamaan linier, bukan sekedar permainan. Matriks digunakan dalam mekanika kuantum dan berbagai bidang lainnya. Hingga kemudian Matematikawan James Joseph Sylvester (1897) mengembangkan Matriks hingga menjadi Determinan Matriks 3 × 3 dan penyelasaiannya, lalu kemudian disederhanakan dengan mnemonic penyelesaian skema Sarus oleh Pierre Frederic Sarrus.

Tentu saja banyak sekali ahli Matematika yang tak terbilang jika disebut satu per satu mengembangkan peninggalan Cayley ini, termasuk tokoh yang akrab dibahas dalam ruang akademik, seperti Gaus, Laplace dan sebagainya. 

Kini bahasan Matriks menjadi suatu hal yang menarik dalam pembelajaran Matematika SMA. Bahkan beberapa siswa kelas XII saat ditanyakan soal yang mereka yakini benar jawaban mereka pada saat UN adalah soal terkait dengan matriks. Karena itu rasanya tidaklah sah jika alat bantu Kalkulator Saintifik tidak memuat fungsi matriks di dalamnya. Classwiz memiliki fungsi matriks yang sampai ordo 4x4 sangat membantu siswa memahami matriks dengan mudah.

LCSC Edisi ke-22 menghadirkan pembicara dari sekolah binaan Casio di Provinsi Jawa Tengah, Bapak Achmad Fauzan, seorang guru model Casio dari SMAN 3 Semarang. Diskusi yang nantinya akan dipandu oleh host Ibu Dyah Sinto Rini dari SMPN 18 Tangerang akan membahas Matriks terkait eksplorasi penyelesaian soal HOTS berbantuan kalkukator saintifik Classwiz.

Pasti sayang jika bahasan ini dilewatkan. Mari bergabung berdiskusi melalui video conference bersama kami, pada Selasa Malam 28 Januari 2020 mulai pukul 19.15 WIB dengan cara mengakses www.casio.webex.com || Room Number : 570 196 011 || password 12345. 

Bagi yang belum memiliki calculator Classwizz, silakan siapkan emulatornya. Jika emulator belum punya silahkan ikuti panduan di bit.ly/classwiz-unduh-install.

LCSC Casio ; Tayangan Matematika Penuh Makna


Jakarta, 26 Januari 2020

Panitia LCSC Casio

Komentar