LCSC Edisi ke 27 SANDI RAHASIA

*LCSC CASIO 27*
*SANDI RAHASIA*

Matriks sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dalam perdagangan, ekonomi dan sebagainya. Salahsatu kegunaannya adalah bidang militer dalam memberikan kode rahasia. Jika kita pernah nonton film the Imitation Game, terlihat di sana seorang Matematikawan Alan Turing memecahkan kode perang. Alan Turing, merupakan seorang ahli kode yang bertugas memecahkan kode dari mesin pesan Enigma milik Jerman pada tahun 1941, saat perang dunia kedua. Kode-kode perang tersebut dibuat dalam bentuk matriks.

Spionase memanfaatkan matriks untuk menuliskan pesan rahasia yang hanya penerima pesan tersebut memiliki kunci untuk membuka sandinya. Tulisan kode rahasia tersebut dikenal dengan sebutan  _kriptogram_. Matriks dipilih karena memiliki operasi perkalian yang melibatkan beberapa elemennya sekaligus, sehingga penyidikan terhadap kunci sandinya yang berbentuk matriks sulit dilakukan.

Invers Matriks salahsatu bagian operasi dari matriks yang memiliki kekhasan tersendiri, yaitu hanya berlaku pada matriks persegi. Pemanfaatan invers matriks salahsatunya dalam pengembangan coding komputer dengan istilah array yang menggunakan determinan. Tentu kita paham bahwa invers matriks terkait erat dengan determinan matriks.

LCSC Edisi ke 27 tentu tidak membicarakan strategi perang, juga hacking coding pemograman, namun sebagai dasar bahwa invers matriks berguna sekali dan dapat dieksplorasi melalui alat bantu classwiz. Menghadirkan narasumber Master Casio Trainer dari Sulawesi Selatan, *Bapak Asmar Achmad* dan dipandu oleh host dari Jawa Barat, Bapak *Cecep Hardiansyah*, guru SMP Negeri 1 Padalarang Garut, kami mengajak audien berdiskusi tentang Eksplorasi Transpose dan Invers Matriks menggunakan saintifik kalkulator.

Akses kami pada Selasa Malam tanggal 18 Februari 2020 mulai pukul 19.15 WIB, klik bit.ly/lcsc26 , bapak ibu guru akan langsung terhubung pada video conference webex event kami. Atau klik di www.webex.com || event number 577 487 835 || password 12345.

LCSC Casio ; Tayangan Matematika Penuh Makna

Jakarta, 17 Februari 2020

Panitia LCSC Casio

Komentar