Sultra Cerdas Ep.24: EKSPLORASI OFFICE 365: SOLUSI PEMBELAJARAN MENGHADAPI COVID-19

EKSPLORASI OFFICE 365: SOLUSI PEMBELAJARAN MENGHADAPI COVID-19

Pemerintah mengambil kebijakan untuk memindahkan proses pembelajaran dari sekolah ke rumah untuk mencegah penyebaran Wabah Coronavirus Disease (COVID-19). Terkait dengan pelaksanaan kebijakan tersebut, Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) atau moda belajar daring menjadi isu terhangat di kalangan dunia pendidikan. Informasi yang dirilis halaman blog berita Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 15 Maret 2020 menyebutkan 8 (delapan) solusi fasilitas belajar dari rumah yang dapat digunakan guru untuk mendukung kebijakan distance learning.

*Office 365 for education* adalah salah satu dari delapan solusi yang direkomendasikan sebagai alat bantu belajar secara daring (online). Platform Office 365 for education yang berbasis "cloud" ini dapat di-deploy gratis oleh sekolah-sekolah sehingga dapat digunakan untuk memfasilitasi guru membelajarkan siswa dari rumah dan siswa dapat pula menyelesaikan tugas-tugasnya dari rumah.

Microsoft Sway, Microsoft Forms, Class Notebook, dan Microsoft Teams adalah beberapa aplikasi handal Office 365 yang dapat digunakan memfasilitasi pembelajaran dari rumah. Selain itu aplikasi Microsoft Office dengan fitur-fitur tercanggih juga tersedia dalam office 365 ini.

Adanya fitur-fitur Office 365 yang menarik untuk pembelajaran ini, mendorong Sultra Cerdas Ikatan Guru Indonesia (IGI)
men-deploy Office 365 dengan domain cerdas.click. Berkat kerja sederhana yang dilakukan Tim Teknologi Informasi dalam komunitas belajar Sultra Cerdas, hingga pada bulan Maret 2020 ini telah mendaftarkan 378 pendidik sebagai pengguna platform ini dan 718 lainnya dalam tahap verifikasi data yang tersebar diseluruh provinsi di Indonesia.

Meskipun gratis, deploy Office 365 membutuhkan kemampuan tenaga IT yang standar terutama dalam setup mx-domain dan beberapa konfigurasi lainnya hingga pada tahap menjadi verified institution. Meskipun aplikasi-aplikasi Office 365 ini user friendly (ramah pengguna), guru dan siswa perlu kecakapan khusus agar dapat menggunakan platform ini. Guru harus mampu membuat kelas belajar daring, mengirimkan pengumuman, tugas, dan mengunggah modul pembelajaran dan menyelenggarakan tes moda daring. Demikian juga, siswa harus mampu membaca modul-modul dan menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran, serta mengerjakan tes dari rumah masing-masing.

Anda tertarik dengan bagaimana proses deploy akun Office 365? Atau mungkin Anda tertarik mengetahui pemanfaatan office 365 dalam pembelajaran? Jangan lewatkan Video Conference (Vicon) *Sultra Cerdas Episode 24* Tema : *"Eksplorasi Office 365 : Solusi Pembelajaran Menghadapi Covid 19"*
Link Event Meeting  http://bit.ly/viconSC_ep24
Event number:  577 943 663
Event password:  12345

Presenter dan Host  : *Baharudin, M.Pd,* *Sulfajriyani Indah, M.Pd*, *Muhammath Syahrani. M.Si*
Co Host: *Muhammad Jayani Aliyah, SE*
Recorder: *Taty Hasrawaty Asana. S.Par*


ALHAMDULILLAH telah tayang

🇸 🇺 🇱 🇹 🇷 🇦   
🇨 🇪 🇷 🇩 🇦 🇸

VICON EPISODE 24
kamis 19 Maret 2020.

Sejumlah 255  sahabat Sultra Cerdas senusantara bergabung mengikuti pemaparan materi oleh bapak Baharudin, M.Pd, ibu Sulfajriyani Indah, M.Pd, dan Muhammath Syahrani. M.Sc 
dengan tema 
⌨📠 Eksplorasi Office 365: Solusi Pembelajaran Menghadapi Covid 19" 

 Ucapan terima kasih disampaikan kepada :

1. Bapak dan ibu presenter atas materinya yang sangat menarik & menginspirasi

2. Direktur PSMK Kemendikbud dan bu Umi Tira Lestari fasilitas room webex PSMK.

3.. Ibu "INDAH (SMA Kartika XX-2 Kendari) sebagai Host

4. Pak Muhammat syahrani buat flyernya yg exclusive

5. Pak Baharudin atas narasinya yg menggugah

6. Seluruh panitia Sultra Cerdas yg bertugas

7.  bapak ibu guru dan sahabat Sultra Cerdas senusantara yang telah hadir berdiskusi bersama.

Buat yang belum sempat join di vicon Sultra Cerdas Episode-24

Kami sematkan :
Link Rekaman Vicon Sultra Cerdas Ep.24:

Dari Sahabat Sultra Cerdas bapak Abdul Rahman    
https://youtu.be/YeRNcKRF_O4

Dari Panitia Sultra Cerdas ibu Tay Hasrawaty Asana
http://gg.gg/SC-24_Eksplorasi-Office-365

Link Materi :
https://s.id/sc-office365

Belajar Tanpa Henti
Berbagi Tanpa Batas

TTD
Panitia SC

Komentar