*SADAR IGI EDISI 126* *KACAMATA KELAS*

*SADAR IGI EDISI 126*
*KACAMATA KELAS*

Salah satu kesalahan dalam pengembangan pendidikan adalah ketika banyak sekali keputusan pendidikan hanya berdasar asumsi, dihipotesis lalu diujicoba pada siswa. Kebijakan pendidikan yang demikian berpotensi salah arah. Meski secara sederhana, setiap yang terlibat dalam bidang pendidikan menginginkan kemajuan pendidikan dengan arah yang tepat.

Tidak sedikit yang berpendapat kepada saya bahwa penelitian tidak penting bagi guru, terlebih guru tidak bertugas sebagai dosen yang salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah meneliti. Bagi saya pendapat demikian tidaklah terlalu tepat. Tanpa kita sadari kita adalah peneliti meski mungkin belum pernah menuli laporan penelitian. Ketika kita duduk di kantor, pembicaraan guru berkisar pada membandingkan kualitas siswa, kualitas sekolah, keterkaitan dan pembinaan mutu. Sesungguhnya kita sedang meneliti.

Sayangnya pengambilan keputusan pada metodologi penelitian yang salah mengakibatkan kemunduran. Pengambilan keputusan sejatinya berdasarkan data dan fakta, bukan asumsi lalu eksperimen. Peningkatan kualitas pendidikan dimulai dari kelas, guru bukan hanya menerapkan metode pembelajaran, namun harus benar dalam melihat dampak sehingga proses pembelajaran menjadi sangat bermakna dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran serta mutu siswa.

Karena itu penelitian bidang pendidikan salah satunya Penelitian Tindakan Kelas sangat krusial untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas siswa. Serta memperbaiki proses pengajaran guru dengan data awal yang akurat. Ikuti tayangan SADAR IGI edisi 126 yang mengundang pembicara pakar penelitian dari Universitas Negeri Makassar, *Bapak Kaharuddin Arafah* yang nantinya dipandu oleh *Bapak Adrianus Teteregoh* dari komunitas Kelor IGI

SADAR IGI 126 dapat diakses melalui video conference hari ini (Rabu, 4 Maret 2020) mulai pukul 19.00 WIB dengan mengakses bit.ly/sadar126 || Event Number : 577 521 531 || Password 12345.

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Aceh, 4 Maret 2020

Khairuddin
Koordinator SADAR IGI


.Alhamdulillah SADAR IGI EDISI 126 kembali hadir.

Alhamdulillah 113 bapak ibu guru hadir mendengarkan penjelasannya Pak Kaharuddin Arafah dengan Tema Mengatasi Permasalahan Siswa di Kelas Melalui Penelitian Tindakan

- Pak Kaharuddin Arafah materi keren nya
-Pak Adrianus sebagai Host
-Pak Syahrani untuk fleyer keren
-Pak Gatot koordinator 7 unit center SEAMEO Indonesia
- Direktur SMK Kemendikbud atas room webex PSMK.
- Pak Dadan PSMK yang membantu ijin room PSMK.
- Seluruh panitia Sadar IGI
- Dan bapak ibu guru hebat seluruh Indonesia yang telah hadir berdiskusi bersama.

Buat yang tidak bisa bergabung di SADAR IGI EDISI 126 :

Rekaman SADAR IGI 126:
Rekaman video dr
Rekaman video  dr Pak Imron
https://youtu.be/92Py5eSixjc

Rekaman video dr Pak Abdul Rahman
https://youtu.be/GwjDQOEb8bE

Rekaman video dr Umi
https://youtu.be/d8l_obsFYDg

Rekaman video dr Pak Adrianus
https://youtu.be/T4yUUpx84qE

Materi Sadar IGI 126
http://bit.ly/materisadar126


Komentar