*LCSC Casio 31* *KELASNYA CLASSWIZ*

*LCSC Casio 31*
*KELASNYA CLASSWIZ*

Metode numerik sangat membantu banyak penyelesaian dalam Matematika, selain metode analitik. Metode numerik mampu menyelesaikan persoalan Matematika yang besar yang diantaranya tidak dapat diselesaikan oleh metode analitik, seperti suatu persamaan yang besar, tidak linier dan sangat kompleks. Salah satu bahasan yang menarik untuk diangkat adalah persamaan tak linier.

Persamaan tak linier sering tidak dapat diselesaikan dengan perhitungan biasa tanpa melibatkan teknologi. Aplikasi komputer terus dikembangkan untuk menyelesaikan persoalan yang berkenaan dengan persamaan tidak linier. Sementara permasalahan kehidupan sehari-hari banyak melibatkan model persamaan tak linier.

Penyelesaian persamaan tak linier tidak hanya satu, sehingga membentuk sebuah sistem yang disebut dengan sistem persamaan tak linier simultan. Penyelesaian persamaan tak linier diantaranya dapat dilakukan dengan metode Newton-Rhapson. Semua penyelesaian tersebut diselesaikan dengan memanfaatkan teknologi. Namun sadarkah kita, kalkulator saintifik yang kita miliki ternyata mampu selaras dengan banyak software komputer yang diciptakan termasuk untuk menyelesaikan persamaan tak linier.

Kalkulator saintifik Classwiz akan dibedah oleh Master Trainer dari Universitas Negeri Makassar, *Bapak Djadir*. Fungsi Calc bisa diandalkan untuk menyelesaikan persamaan tak linier. Model tidak linier saja dapat diselesaikan oleh Classwiz, apalagi sistem persamaan linier dengan multi variabel, fungsi spreadsheet classwiz akan dipraktekkan Bapak Djadir untuk menyelesaikan dalam metode Iterasi Gauss Seidel.

Dipandu oleh moderator dari SMK Negeri Jumo Kabupaten Temanggung *Bapak Andi Handoyo*, LCSC ke 31 pada Selasa Malam (17/3) dapat diakses melalui www.webex.com atau bit.ly/LCSC-31 || Number Event : 575 523 210 || Password : 12345. LCSC ke 31 mulai berlangsung dari pukul 19.15 WIB s.d selesai.

Mari diskusi ringan bersama kami

LCSC Casio ; Tayangan Matematika Penuh Makna

Jakarta, 15 Maret 2020
Panitia LCSC Casio

Komentar