SADAR IGI 142* *RAJA DUNIA PETAK (aplikasi Excel)

*SADAR IGI 142*
*RAJA DUNIA PETAK*

Microsoft Excel sangat populer menjadi mesin pengolah data angka. Rasanya mustahil jika ada pengguna komputer tidak memiliki kecakapan sedikit tentang Excel. Sebenarnya banyak tool pengolah angka dalam sistem komputerisasi, namun Microsoft Excel masih menjadi raja dalam dunia petak-petak.

Pagi ini saja misalnya, pengguna Office 365 dimanjakan oleh template laporan keuangan di Microsoft Excel. Artinya para pegawai divisi finansial tidak perlu repot membuat infografis pelaporan keuangan serta breakdown transaksi di Excel. Bukan hanya template yang mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, bahkan kurs harian keuangan dunia bisa diakses melalui excel jika pengguna sedang online.

Jika anda pengguna Excel di Office 365 desktop atau office 2019, kita dimanjakan oleh pengetahuan mandiri yang terus update dan tersedia tanpa perlu akses internet. Misalnya tentang Pivot Table atau drop down list pada excel dan lain sebagainya, kita hanya perlu membuka excel pertama sekali lalu di body pada home terdapat tutorial yang mudah kita ikuti dan dapat meningkatkan pemahaman kita tentang fungsi excel lebih lanjut.

Bukan hanya untuk perkantoran, Microsoft Excel sangat membantu dunia pendidikan. Guru kreatif dapat memanfaatkan untuk media pembelajaran menyenangkan seperti game atau media input data statistik, fungsi matematika lengkap dengan grafiknya. Dalam administrasi pembelajaran pun Excel sangat lazim digunakan seperti menyusun roster pembelajaran dan roster ujian, mendata siswa dalam berbagai variabel kebutuhan sekolah, laporan evaluasi pembelajaran digital beserta tabel analisis, termasuk pengolahan nilai harian siswa dan lain sebagainya.

Begitu banyaknya fungsi excel yang sangat bermanfaat membuat kami tertarik mengangkat salah satu fungsi yang kerap digunakan oleh guru yaitu *pengolahan nilai siswa dalam bentuk aplikasi berbasis excel*. Kami mengundang guru hebat dari SMKN 3 Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat, *Bapak Zulkarnaen* yang akan membagi pengetahuan bersama kita pada SADAR Edisi 142. Dipandu oleh *Ibu Siti Zakia*, diskusi akan berlangsung dengan santai, siapkan Excel kita semua sehingga kita mudah mengikutinya.

Silahkan akses video conference kami pada *Rabu Malam 5 Agustus 2020 mulai pukul 19.00 WIB melalui ditsmk.webex.com atau bit.ly/SadarIGI142 | Event Number 166 948 0795 | Password 12345*.

SADAR IGI ; Tayangan Edukasi Menginspirasi Negeri

Aceh, 3 Agustus 2020

Koordinator SADAR IGI

Khairuddin

Komentar